Dan Saya Bangga...


Teman-teman yang baik,

Saya—dan bisa jadi sebagian rekan akan mempunyai perasaan menyesal jika esok tak bisa datang ke sebuah gedung pameran, yang sependek pemahaman saya adalah suatu tempat yang sering dijadikan sarana untuk ajang promosi beragam produk nusantara. Besok, Sabtu 28 September 2013, Gedung SMESCO (ada yang menyebutnya SME Tower) akan menjadi saksi telah lahirnya putera puteri Soedirman yang kini membelah nusantara dan berpendar ke segenap penjuru dunia dalam beragam karya. Unsoed telah berusia setengah abad. Lima puluh tahun. Usia Emas!

Aneka produk unggulan, rupa-rupa makanan khas, pentas seni, dan pameran karya-karya generasi Soedirman esok akan memenuhi seluruh ruangan di gedung yang berlokasi tak jauh dari Semanggi, salah satu landmark ibu kota Jakarta ini.

Dua hari ini ada perasaan bangga, senang, penasaran, semuanya bercampur menjadi satu. Di berbagai media on line dan social media, gaung puncak acara akbar Unsoed berusia setengah abad terus berseliweran menambah rasa penasaran saya. Beberapa SMS, BBM, dan pesan-pesan di social media, terus seolah tak henti mengingatkan saya. Bahkan, sudah satu minggu ini, hampir setiap hari saya membaca spanduk yang terbentang dengan kencang di sebuah pintu gerbang tol di kawasan timur Jakarta. Tertulis dengan tegas: Mendoan Summit, Reuni Akbar, Pameran Produk Unggulan.

Malam ini, saya baru saja melintasi kawasan Pancoran dan menengok ke seberang jalan, tempat Gedung SMESCO itu berada. Saya membayangkan, para panitia, senior-senior saya, sekarang sedang bermandikan keringat, menahan letih, bahkan mungkin sedang melawan rasa kantuk, agar acara esok terlaksana dengan lancar dan memberikan rasa bahagia buat kita semua.

Saya berjanji, esok (ingat: Sabtu tanggal 28 September mulai pukul 9 pagi) saya tidak akan meninggalkan rasa penyesalan buat diri saya. Dengan perasaan senang dan bangga, saya akan mendatangi Gedung SMESCO. Akan saya temui teman-teman saya. Akan kujabat erat para panitia yang telah mempersiapkan acara. Akan kurayakan usia setengah abad kampus yang telah menempa saya.


kutulis dengan perasaan bangga,


Kundiyarto FE 93
di Jakarta

New Page 1